Belanja online sekarang makin menjadi bagian dari gaya hidup.
Meskipun berbelanja ke toko biasa, entah itu di mal atau di pasar
tradisional, sering kali menjadi sarana untuk berekreasi, toko online juga menyediakan pengalaman belanja yang unik. Karakter dari toko online
tersebut juga sangat bermanfaat dan lebih menguntungkan daripada
berbelanja dengan cara biasa. Enggak percaya? Simak beberapa buktinya di
sini.
1. Menghemat waktu dan biaya. Menghemat
biaya dalam arti mengurangi ongkos naik taksi, ongkos bensin, atau
ongkos parkir ketika Anda berangkat ke mal. Belanja online juga mengurangi biaya jajan karena saat ke mal, Anda tentu juga tergoda untuk berhenti ngopi-ngopi.
Belanja cara ini juga menghemat waktu karena Anda tak perlu berkeliling
dari toko yang satu ke toko yang lain untuk membandingkan harga dan
modelnya. Dengan berbelanja online, Anda tinggal memainkan mouse untuk berpindah toko. Bahkan, Anda bisa melakukannya sambil tiduran.
2. Toko "online" selalu memperbaiki diri. Mereka dapat
menerima masukan langsung dari pembelinya. Apa yang kurang dapat
diperbaiki, dan apa yang menjadi kelebihan dapat terus ditingkatkan.
Tidak demikian dengan toko biasa. Anda tak bisa komplain ke pemilik toko
karena pemiliknya biasanya tak ada di tempat. Jika antrean di kasir
terlalu panjang, mungkin Anda menyerah. Toko yang normal juga tak akan
tahu siapa saja yang memasuki tokonya, dan mengapa Anda membatalkan
belanja Anda di tokonya. Melalui web analytic, online store bisa mengetahui kebiasaan pelanggannya dan mengoptimalkan layanannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
3. Toko biasa tak menyediakan layanan "search box".
Alangkah enaknya bila kita bisa masuk ke toko dan memasukkan informasi
ke komputer untuk melihat apakah benda yang Anda cari masih tersedia.
Sudah repot bertanya pada petugas penjual, ternyata product knowledge-nya parah dan cenderung ngawur. Kesal, kan? Hal ini tidak terjadi dalam layanan toko online.
Setiap barang biasanya juga dibedakan dalam kategori masing-masing
sehingga memudahkan pencarian. Mereka juga akan selalu merespons
komentar Anda di message boards atau e-mail.
4. Di toko biasa, para pembeli tidak saling berinteraksi. Dengan demikian, mereka tak terbiasa saling memberikan informasi mengenai barang yang dibeli. Di toko online,
Anda bisa membaca testimoni dari para pelanggan yang merasa puas dengan
barang atau layanan yang diberikan. Anda juga mengetahui apa saja
kekurangan toko ini dari pelanggan tersebut. Toko tentu tak akan
membiarkan komentar negatif ini memengaruhi keinginan calon pembeli lain
untuk berbelanja, bukan? Karena itu, mereka selalu berusaha memperbaiki
layanan.
5. Toko biasa tak menyediakan rekomendasi. Kalaupun staf penjualnya memberi rekomendasi, sering kali hal itu tak sesuai keinginan atau selera Anda. Toko online
seperti Amazon, misalnya, juga memberikan rekomendasi mengenai
barang-barang lain yang mungkin ada kaitannya dengan barang yang Anda
cari. Jadi seandainya barang yang Anda cari tak tersedia, Anda bisa
mendapatkan alternatif lain.
6. Tak perlu menerima gangguan lain.
Di toko biasa, kadang Anda harus berdesakan, berebut barang dengan
orang lain, atau mendengar anak yang merengek. Belum lagi mendengarkan
musik yang berdentum-dentum memekakkan telinga, mendengar staf penjual
yang sibuk bercanda sendiri dengan staf toko sebelah (karena tokonya
sepi pengunjung), atau merasakan pendingin udara yang terlalu dingin. Di
toko online, hal ini jelas tak Anda temui.
Berikut daftar tempat berbelanja online :
1. Silakan disini OM
2. Silakan disini Tante
3. Silakan disini Bang
4. Silakan disini Mas
5. Silakan disini Neng
Tidak ada komentar:
Posting Komentar